Cerita Pratik Baik Menggunakan Metode STAR Dalam Kegiatan PPG DALJAB 2022
OVA CANDRA DEWI / 223174706509
LK 3.1 Menyusun Best Practices
Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice) Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak)
Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran Siklus 1
Lokasi |
MTs N 2 Jembrana |
Lingkup Pendidikan |
SMP/MTs (Kementerian Agama) |
Tujuan yang ingin dicapai |
Upaya meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas IXA pada mata pelajaran IPS Materi Perubahan Sosial Budaya melalui model pembelajaran Problem Based Learning. |
Penulis |
Ova Candra Dewi |
Tanggal |
Sabtu, 24 September 2022 |
Situasi: Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.
|
Hal-hal yang menjadi latar belakang praktik pembelajaran ini adalah rendahnya motivasi belajar peserta didik kelas IXA pada mata pelajaran IPS. Hal ini bisa dilihat dari: 1. Peserta didik kurang tanggap dan masih terlihat lesu saat menerima pelajaran 2. Peserta didik hanya menerima saja apa yang disampaikan oleh guru dan tidak pernah bertanya kepada guru terkait materi yang diajarkan
Praktik mengajar ( PPL ) ini penting untuk dibagikan karena menurut saya banyak guru yang mengalami permasalahan yang hampir sama dengan permasalahan yang saya alami, sehingga praktik ini diharapkan dapat memberi motivasi untuk diri saya sendiri juga diharapkan dapat menjadi referensi atau inspirasi bagi guru IPS lain. Model PBL ini membantu peserta didik mengembangkan pengetahuannya dan membantu peserta didik untuk lebih bertanggung jawab atas pembelajarannya sendiri
Saya berperan sebagai guru mempunyai tanggung jawab untuk melakukan proses pembelajaran secara efektif, dengan menggunakan media dan model pembelajaran Problem Based Learning serta inovatif sehingga dapat memotivasi peserta didik dalam pencapaian tujuan pembelajaran. |
Tantangan : Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat,
|
Tantangan yang dihadapi oleh guru adalah 1. Pemlihan metode yang bervariasi sehingga peserta didik tertarik dan antusias dalam mengikuti pembelajaran. 2. Pemilihan model pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan karakteristik materi pelajaran dan karakteristik peserta didik. 3. Guru harus bisa menumbuhkan motivasi belajar peserta didik melalui proses pembelajaran yang menyenangkan
Dari tantangan yang dihadapi komponen yang dilibatkan adalah guru, peserta didik, dan observer
|
Aksi : Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/ strategi apa yang digunakan/ bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat / Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini
|
Langkah-langkah yang di lakukan dalam menghadapi tantangan tersebut adalah 1. Pemlihan metode yang bervariasi sehingga peserta didik tertarik dan antusias dalam mengikuti pembelajaran a. Strategi yang dilakukan adalah melibatkan peserta didik dalam kegiatan pembelajaran. b. Proses yang dilakukan adalah dalam mengajar selalu menggunakan media pembelajaran yang tepat. c. Sumber daya yang diperlukan adalah berupa kajian literatur dan wawancara 2. Pemilihan model pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan karakteristik materi pelajaran dan karakteristik peserta didik a. Strategi yang dilakukan adalah memilih model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik peserta didik dan karakteristik materi. Dalam hal ini guru memilih model pembelajaran PBL menjadi salah satu solusi Langkah -langkah pembelajaran PBL sebagai berikut : Ø Mengorientasikan siswa pada masalah Ø Mengorganisasi siswa untuk belajar secara berkelompok Ø Membimbing penyelidikan kelompok Ø Mengembangkan dan menyajikan hasil Ø Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah b. Proses yang dilakukan adalah membuat media pembelajaran yang lebih bervariatif seperti memperbanyak gambar pada PPT agar tampilan lebih menarik dan penayangan Video yang disesuaikan dengan materi dan konteks kehidupan saat ini, membuat bahan ajar agar pembelajaran terarah, membuat LKPD sebagai media pembelajaran saat proses diskusi pemecahan masalah. c. Sumber daya yang diperlukan adalah kompetensi guru akan model pembelajaran PBL dan juga pemahaman guru akan materi pembelajaran, buku siswa, laptop, proyrktor, PPT dan video 3. Guru harus bisa menumbuhkan motivasi belajar peserta didik melalui proses pembelajaran yang menyenangkan a. Strategi yang dilakukan adalah merancang pembelajaran( RPP ) yang berpusat pada peserta didik b. Proses yang dilakukan berupaya menjadi fasilitator ( guru ) yang menyenangkan bagi peserta didik sehingga peserta didik dapat lebih aktif dalam pembelajaran c. Sumber daya yang diperlukan adalah meningkatkan kualitas diri dengan mengikuti berbagai kegiatan yang dapat mengembangkan pengetahuan guru serta merancang kegiatan-kegiatan pembelajaran yang membuat siswa lebih aktif
|
Refleksi Hasil dan dampak Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif? Mengapa? Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut
|
Dampak dari aksi dan langkah-langkah yang dilakukan dirasa hasilnya efektif dan dapat dilihat dari 1. Penggunaan media berbasis website ini sangat membantu pemahaman peserta didik akan konsep yang abstrak tentang pembelajaran mata pelajaran IPS khususnya pada materi Perubahan Sosial Budaya yang dibuktikan dengan hasil evaluasi pembelajaran peserta didik di atas KKM 2. Pemilihan metode yang variatif sangat efektif untuk meningkatkan keaktifan peserta didik dibuktikan dengan semangat dan keaktifan peserta didik saat berdiskusi kelompok dalam memecahkan masalah yang ada 3. Pemilihan model pembelajaran PBL menumbuhkan berfikir kritis peserta didik terlihat dari tanggapan dan jawaban yang dilontarkan oleh guru saat pembelajaran 4. Rancangan kegiatan yang berpusat pada peserta didik sangat meningkatkan keaktifan peserta didik saat proses pembelajaran sehingga siswa termotivasi untuk belajar
Respon peserta didik terhadap kegiatan pembelajaran ini sangat senang, dapat dilihat dari kegiatan refleksi akhir pembelajaran peserta didik memberi refleksi bahwa pembelajarannya sangat menarik dan menyenangkan serta media pembelajaran menarik juga mudah dipahami Respon rekan sejawat yakni sangat positif dan banyak memberikan pengetahuan tentang pembelajaran abad 21. Rekan-rekan guru banyak yang berdiskusi tentang bagaimana RPP yang baik dan benar, cara membuat LKPD serta insturmen penilaian
Faktor keberhasilan pembelajaran ini sangat ditentukan akan penguasaan guru terhadap media pembelajaran, metode, model dan langkah-langkah pada rencana pelaksanaan pembelajaran yang sudah dibuat dan peran aktif dari peserta didik
Pembelajaran yang bisa diambil dari proses dan kegiatan yang sudah dilakukan guru adalah guru lebih kreatif dan inovatif dalam memilih metode, model dan media pembelajaran untuk membuat proses belajar mengajar sesuai dengan yang diharapkan dan melalui proses praktik pembelajaran ini juga kita belajar menjadi seseorang pendidik yang memiliki tanggung jawab yang besar, mulai dari upaya menyusun rencana pembelajaran, pelaksaan pembelajaran sampai kepada evaluasi pembelajaran |
OVA CANDRA DEWI / 223174706509
LK 3.1 Menyusun Best Practices
Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice) Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak)
Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran Siklus 2
Lokasi |
MTs N 2 Jmbrana |
Lingkup Pendidikan |
SMP/MTs (Kementerian Agama) |
Tujuan yang ingin dicapai |
Upaya meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas IXA pada mata pelajaran IPS Materi Globalisasi melalui model pembelajaran Problem Based Learning. |
Penulis |
Ova Candra Dewi |
Tanggal |
Sabtu, 24 September 2022 |
Situasi: Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.
|
Hal-hal yang menjadi latar belakang praktik pembelajaran ini adalah rendahnya motivasi belajar peserta didik kelas IXA pada mata pelajaran IPS. Hal ini bisa dilihat dari: 1. Peserta didik kurang tanggap dan masih terlihat lesu saat menerima pelajaran 2. Peserta didik hanya menerima saja apa yang disampaikan oleh guru dan tidak pernah bertanya kepada guru terkait materi yang diajarkan
Praktik mengajar ( PPL ) ini penting untuk dibagikan karena menurut saya banyak guru yang mengalami permasalahan yang hampir sama dengan permasalahan yang saya alami, sehingga praktik ini diharapkan dapat memberi motivasi untuk diri saya sendiri juga diharapkan dapat menjadi referensi atau inspirasi bagi guru IPS lain. Model PBL ini membantu peserta didik mengembangkan pengetahuannya dan membantu peserta didik untuk lebih bertanggung jawab atas pembelajarannya sendiri
Saya berperan sebagai guru mempunyai tanggung jawab untuk melakukan proses pembelajaran secara efektif, dengan menggunakan media dan model pembelajaran Problem Based Learning serta inovatif sehingga dapat memotivasi peserta didik dalam pencapaian tujuan pembelajaran. |
Tantangan : Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat,
|
Tantangan yang dihadapi oleh guru adalah 1. Pemlihan metode yang bervariasi sehingga peserta didik tertarik dan antusias dalam mengikuti pembelajaran. 2. Pemilihan model pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan karakteristik materi pelajaran dan karakteristik peserta didik. 3. Guru harus bisa menumbuhkan motivasi belajar peserta didik melalui proses pembelajaran yang menyenangkan
Dari tantangan yang dihadapi komponen yang dilibatkan adalah guru, peserta didik, dan observer
|
Aksi : Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/ strategi apa yang digunakan/ bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat / Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini
|
Langkah-langkah yang di lakukan dalam menghadapi tantangan tersebut adalah 1. Pemlihan metode yang bervariasi sehingga peserta didik tertarik dan antusias dalam mengikuti pembelajaran a. Strategi yang dilakukan adalah melibatkan peserta didik dalam kegiatan pembelajaran. b. Proses yang dilakukan adalah dalam mengajar selalu menggunakan media pembelajaran yang tepat. c. Sumber daya yang diperlukan adalah berupa kajian literatur dan wawancara 2. Pemilihan model pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan karakteristik materi pelajaran dan karakteristik peserta didik a. Strategi yang dilakukan adalah memilih model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik peserta didik dan karakteristik materi. Dalam hal ini guru memilih model pembelajaran PBL menjadi salah satu solusi Langkah -langkah pembelajaran PBL sebagai berikut : Ø Mengorientasikan siswa pada masalah Ø Mengorganisasi siswa untuk belajar secara berkelompok Ø Membimbing penyelidikan kelompok Ø Mengembangkan dan menyajikan hasil Ø Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah b. Proses yang dilakukan adalah membuat media pembelajaran yang lebih bervariatif seperti memperbanyak gambar pada PPT agar tampilan lebih menarik dan penayangan Video yang disesuaikan dengan materi dan konteks kehidupan saat ini, membuat bahan ajar agar pembelajaran terarah, membuat LKPD sebagai media pembelajaran saat proses diskusi pemecahan masalah. c. Sumber daya yang diperlukan adalah kompetensi guru akan model pembelajaran PBL dan juga pemahaman guru akan materi pembelajaran, buku siswa, laptop, proyrktor, PPT dan video 3. Guru harus bisa menumbuhkan motivasi belajar peserta didik melalui proses pembelajaran yang menyenangkan a. Strategi yang dilakukan adalah merancang pembelajaran( RPP ) yang berpusat pada peserta didik b. Proses yang dilakukan berupaya menjadi fasilitator ( guru ) yang menyenangkan bagi peserta didik sehingga peserta didik dapat lebih aktif dalam pembelajaran c. Sumber daya yang diperlukan adalah meningkatkan kualitas diri dengan mengikuti berbagai kegiatan yang dapat mengembangkan pengetahuan guru serta merancang kegiatan-kegiatan pembelajaran yang membuat siswa lebih aktif
|
Refleksi Hasil dan dampak Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif? Mengapa? Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut
|
Dampak dari aksi dan langkah-langkah yang dilakukan dirasa hasilnya efektif dan dapat dilihat dari 1. Penggunaan media berbasis website ini sangat membantu pemahaman peserta didik akan konsep yang abstrak tentang pembelajaran mata pelajaran IPS khususnya pada materi Perubahan Sosial Budaya yang dibuktikan dengan hasil evaluasi pembelajaran peserta didik di atas KKM 2. Pemilihan metode yang variatif sangat efektif untuk meningkatkan keaktifan peserta didik dibuktikan dengan semangat dan keaktifan peserta didik saat berdiskusi kelompok dalam memecahkan masalah yang ada 3. Pemilihan model pembelajaran PBL menumbuhkan berfikir kritis peserta didik terlihat dari tanggapan dan jawaban yang dilontarkan oleh guru saat pembelajaran 4. Rancangan kegiatan yang berpusat pada peserta didik sangat meningkatkan keaktifan peserta didik saat proses pembelajaran sehingga siswa termotivasi untuk belajar
Respon peserta didik terhadap kegiatan pembelajaran ini sangat senang, dapat dilihat dari kegiatan refleksi akhir pembelajaran peserta didik memberi refleksi bahwa pembelajarannya sangat menarik dan menyenangkan serta media pembelajaran menarik juga mudah dipahami Respon rekan sejawat yakni sangat positif dan banyak memberikan pengetahuan tentang pembelajaran abad 21. Rekan-rekan guru banyak yang berdiskusi tentang bagaimana RPP yang baik dan benar, cara membuat LKPD serta insturmen penilaian
Faktor keberhasilan pembelajaran ini sangat ditentukan akan penguasaan guru terhadap media pembelajaran, metode, model dan langkah-langkah pada rencana pelaksanaan pembelajaran yang sudah dibuat dan peran aktif dari peserta didik
Pembelajaran yang bisa diambil dari proses dan kegiatan yang sudah dilakukan guru adalah guru lebih kreatif dan inovatif dalam memilih metode, model dan media pembelajaran untuk membuat proses belajar mengajar sesuai dengan yang diharapkan dan melalui proses praktik pembelajaran ini juga kita belajar menjadi seseorang pendidik yang memiliki tanggung jawab yang besar, mulai dari upaya menyusun rencana pembelajaran, pelaksaan pembelajaran sampai kepada evaluasi pembelajaran |
Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
Upacara Pembukaan PERSAMI MTsN 2 Jembrana dihadiri oleh KASI PENDIS Kemenag Kab. Jembrana
Upacara pembukaan PERSAMI MTsN 2 Jembrana Gugus Depan 329.330 digelar pada Sabtu, 19 November 2022. Bapak Samsul Laili selaku Kepala MTsN 2 Jembrana bertindak langsung sebagai MABIGUS U
Siswa MTs N 2 Jembrana Raih Peringkat 1 Lomba Catur dalam PORJAR Tingkat SMP/MTs se-Kabupaten Jembrana
Siswa MTs N 2 Jembrana berhasil mendulang juara 1 pada lomba catur tingkat SMP/MTs se-kabupaten Jembrana dalam ajang PORJAR (Pekan Olahraga Pelajar) Kab. Jembrana. Perlomb
PERESMIAN GEDUNG RKB SBSN MTs N 2 JEMBRANA
Peresmian gedung kelas baru MTs N 2 Jembrana yang dibiayai SBSN dilaksanakan pada hari Minggu, 19 Desember 2021. Acara tersebut dihadiri oleh Kakanwil Kementerian Agama Provinsi Bali, K
PERINGATAN HARI GURU NASIONAL Ke-76 di MTsN 2 JEMBRANA
Mendoyo Jembrana (Bali) – Peringatan Hari Guru Nasional (HGN) ke-76 di MTs N 2 Jembrana dilaksanakan dengan kegiatan Upacara Bendera pada hari Kamis, 25 November 2021. Kegiatan te
Sambutan dan Perkenalan Kepala MTsN 2 Jembrana yang Baru
Mendoyo, Jembrana – Bali. Kegiatan rutin siswa-siswi MTsN 2 Jembrana di Mushalla Jumat, 05 November 2021 pukul 07.00 – 07.30 Wita. Kegiatannya berupa Shalat Dhuha dan Tadaru
PISAH SAMBUT KEPALA MTs N 2 JEMBRANA
Acara pisah sambut kepala MTs N 2 Jembrana dilaksanakan pada hari Sabtu, 30 Oktober 2021. Bertempat di ruang laboratorium Komputer, acara ini dihadiri oleh Kepala MTs N 2 Jembrana yang
Pembinaan dan Evaluasi Program Unggulan Pondok Pesantren Sunan Kudus
Jembrana, Bali- Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Jembrana memiliki Pondok Pesantren unggul diberi nama Sunan Kudus. Pondok pesantren ini salah satu tempat pendidikan yang menyelenggarakan k
MTs N 2 Jembrana Mendulang Juara dalam Online Ma’arif Competition Bali 1
MTs N 2 Jembrana mendulang juara dalam Online Ma’arif Competition Bali 1 (OMCB 1) yang diadakan oleh LP Ma’arif NU Provinsi Bali dengan tema “Makin Mantap Berkhidmat U
Siswa MTsN 2 Jembrana Berkompetensi di Ajang KSN 2021
Mendoyo, Jembrana (Bali) – KSN (Kompetensi Sains Nasional) Tingkat SMP/MTs merupakan ajang kompetisi bagi siswa-siswi SMP/MTs negeri/swasta di seluruh Indonesia. KSN Tingkat SMP/M
Siswa MTsN 2 Jembrana Mengikuti Simulasi KSN secara Virtual
Jembrana – Bali, Kompetisi Sains Nasional (KSN) adalah sebuah kompetisi dalam bidang sains yang diselenggarakan oleh Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Bali Bidang Pendidik